Berbagai Macam Penyakit Mata Dan Cara Mengatasinya

Berbagai Macam Penyakit Mata Dan Cara Mengatasinya Tenesia

Mata merupakan bagian indra manusia yang sangat penting untuk melihat sehingga sudah sewajarnya jika kita menjaganya dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari berbagai penyakit. Banyak sekali penyakit mata saat ini dengan penyebab yang beragam.

Penyakit mata ini bisa terjadi akibat sebuah keturunan bahkan karena sebuah trauma, kelemahan fungsi mata atau kebiasaan yang salah. Penyakit pada mata bisa menyerang siapa saja bahkan anak-anak hingga orang tua.

Karena itu jaga mata Anda agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Para dokter menemukan berbagai macam penyakit mata dengan gejala yang beragam pula.

Berbagai Macam Penyakit Mata Dan Cara Mengatasinya Tenesia

Tujuan dijelaskan agar Anda bisa lebih berhati-hati dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu setelah  mengetahuinya Anda bisa segera melakukan tindakan untuk mengobatinya. Yuk segera simak penjelasannya dibawah ini.

Macam-Macam Penyakit Mata

Banyak sekali penyakit mata yang harus Anda ketahui beserta gejala dan cara mengatasinya. Penjelasan lebih rincinya di bawah ini:

Rabun Jauh

Penyakit mata satu ini mudah diketahui yaitu ketidakmampuan seseorang untuk melihat benda maupun apa saja dalam jarak yang jauh. Jika ia berusaha untuk melihat sesuatu dari jarak jauh, maka hanya akan kelihatan buram tidak jelas.

Seseorang dengan penyakit ini hanya bisa melihat benda atau apapun dalam jarak yang dekat. Rabun jauh bisa diderita karena keturunan, kebiasaan yang buruk dimana seseorang selalu melihat sesuatu dengan jarak yang dekat dan kekurangan asupan gizi yang baik untuk mata.

Cara mengatasinya dengan menggunakan kacamata berlensa cekung negatif khusus untuk rabun jauh untuk membantu mata agar dapat melihat jelas untuk jarak yang jauh, selain itu usahakan untuk menghindari kegiatan yang dapat memperburuk rabun jauh.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Lemak Perut Tanpa Olahraga

Rabun Dekat

Kebalikan dari penyakit di atas, penyakit ini bisa diperiksa secara sendirinya dengan keadaan mata yang tidak bisa melihat benda maupun apapun dalam keadaan dekat sehingga saat melihat apapun ia harus lebih jauh dari benda yang akan ia lihat.

Ketika seseorang berusaha melihat sesuatu dalam jarak yang dekat, hanya semburat cahaya buram yang terlihat. Penyakit ini bisa diderita akibat yang sama dengan penyakit rabun jauh.

Namun cara mengatasinya berbeda yaitu dengan menggunakan kacamata yang berlensa cembung positif. Dengan begitu seseorang bisa melihat benda atau apapun dari jarak jauh dan dekat.

Rabun Senja

Penyakit ini sering disebut rabun ayam. Seperti kebiasaan ayam yang kurang bisa melihat di malam hari ketimbang pagi atau siang. Penyakit ini dikarenakan kerusakan di sel retina yang seharusnya ia bisa melihat apapun dalam keadaan yang lebih gelap.

Cara mengatasi penyakit ini dengan memeriksakan di dokter khusus mata dan mencoba menggunakan kacamata yang cocok untuk rabun senja.

Katarak

Penyakit katarak ini disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari, penderita trauma, terkena paparan asap rokok. Biasanya penyakit katarak ini akan meninggalkan bekas di mata seperti luka yang mengeras. Gejala yang muncul pada penyakit ini yaitu:

  1. Melihat sesuatu yang menjadi kabur baik jarak dekat maupun jauh
  2. Ketika tersorot oleh cahaya, mata akan sangat silau
  3. Melihat sesuatu yang terlihat menjadi ganda
  4. Sensitivitas kontras mata yang menghilang

Penyakit katarak bisa saja mengalami peningkatan sehingga mata semakin tidak bisa melihat. Satu-satunya cara yang bisa mengatasi penyakit ini yaitu operasi dengan sayatan kecil untuk menghilangkan katarak tersebut.

Sebaiknya Anda yang sudah mempunyai ciri-ciri timbulnya katarak pada mata, untuk cek ke dokter. Agar dokter mata dapat memberikan diagnosa dan waktu yang tepat untuk dilakukannya tindakan operasi katarak.

BACA JUGA :  Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Bufthalmus

Penyakit mata ini menyebabkan bola mata meninggi dan berukuran besar sehingga bisa mempengaruhi kinerja kornea. Penyakit ini bisa diderita sejak lahir dan menjadi penyakit jarang menyerang anak.

Gejala dari penyakit ini yaitu bagian kornea mata yang membengkak, warna kornea mata yang sedikit keruh, kelopak mata mengalami gangguan, dan penderita akan merasa takut jika harus terkena cahaya.

Sama dengan katarak, penyakit ini hanya bisa disembuhkan dengan jalan operasi sayatan. Diharapkan operasi yang dilakukan bisa mengembalikan perkembangan mata untuk melihat.

Infeksi Mata

Penyakit ini mempunyai jenis yang beragam dan yang paling banyak diderita oleh orang yaitu infeksi mata merah atau sering dikenal dengan belekan, dan bintitan. Dua jenis penyakit infeksi mata ini terlihat sepele namun juga bisa menyiksa penderitanya.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang terkadang juga membawa bakteri. Gejala dari penyakit mata merah ini yaitu sering mengeluarkan cairan yang menumpuk di kelopak mata, mata memerah, nyeri di mata, parahnya ketika pagi hari yang membuat mata sulit untuk dibuka akibat banyaknya kotoran yang keluar dan menumpuk.

Untuk penyakit bintitan menimbulkan gejala bagian kelopak mata bagian atas maupun bawah muncul sebuah bintik yang bengkak seperti jerawat, nyeri, menghalangi penglihatan, mata memerah, mata berair, mengandung nanah.

Karena disebabkan oleh virus, bisa jadi penyakit ini menular. Cara mengatasi penyakit ini dengan memeriksakan ke dokter mata untuk penanganan lebih lanjut dan memberikan obat cair khusus mata.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya masih banyak lagi penyakit mata yang bisa saja diderita oleh banyak orang. Namun penyakit-penyakit tersebut bisa diatasi dengan cara yang benar mulai dari periksa ke dokter mata secara rutin, melakukan pengecekan mata, mengonsumsi banyak yang mengandung gizi, berolahraga, menghindari kebiasaan yang buruk bagi kesehatan mata.

BACA JUGA :  Cara Memancungkan Hidung Secara Alami Dan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *