Berbagai Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Pernah mendengar tentang manfaat bawang dayak untuk kesehatan? Sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing dengan salah satu jenis umbi yang bernama bawang dayak atau bawang sabrang. Seperti yang diketahui bawang dayak atau yang biasa dikenal juga dengan nama Bawang Tiwai atau Bawang Berlian ini merupakan jenis bawang yang banyak dibudidayakan di pulau Kalimantan.

Ketahui Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Sesuai dengan namanya, kata “Dayak” berasal dari nama suku yang cukup terkenal di pulau Kalimantan yakni Suku Dayak. Meski jarang dikenal, ternyata bawang ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Masyarakat Kalimantan khususnya Suku Dayak percaya bahwa bawang ini dapat mengobati berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Berikut ini berbagai manfaat dari bawang dayak untuk kesehatan tubuh Anda.

  • Anti-Kanker

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat bawang dayak untuk kesehatan yaitu mampu menjadi anti-kanker dalam tubuh. Seperti yang diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang masih belum ada obatnya. Dalam bawang Dayak mengandung senyawa yang bernama Naphthoquinones yang dapat berfungsi untuk menurunkan aktivitas sel penyebab kanker.

Dengan menurunnya aktivitas sel tersebut, tentu akan membantu mencegah sel kanker yang ada dalam tubuh Anda. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin terbebas dari penyakit mematikan yang satu ini, pastikan untuk rutin mengkonsumsi bawang dayak.

  • Mengobati Batu Ginjal

Manfaat bawang dayak untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengobati penyakit batu ginjal. Selain mengandung senyawa yang dapat melumpuhkan sel kanker dalam tubuh, bawang ini juga mampu menurunkan pH urine dengan efektif.

Dengan menurunnya pH urine akan membuat kadar kalsium dalam tubuh juga menurun. Sehingga hal tersebut dapat membantu menghancurkan masalah batu ginjal. Jadi jika Anda memiliki saudara yang memiliki masalah batu ginjal pastikan untuk memberikan bawang dayak secara rutin.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah
BACA JUGA :  Penyebab Rambut Rontok Parah Yang Perlu Diwaspadai

Khasiat bawang dayak selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Hal tersebut terbukti dari banyak masyarakat yang menggunakan bawang ini untuk mengatasi masalah kadar gula darah.

Perlu diketahui dalam daun bawang ini terkandung banyak senyawa seperti glikosida, alkaloid, flavonoid yang mana berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah.

Karena manfaat tersebut, bawang dayak sangat cocok jika digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk para penderita diabetes. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

  • Mencegah Penyakit Jantung

Selain dapat mengobati beberapa penyakit serius di atas, ternyata Bawang Dayak ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Sebagian dari kita tentu sudah tahu, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit serius yang masih belum ditemukan obatnya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi akan lebih baiknya Anda melakukan antisipasi dengan rutin mengkonsumsi bawang dayak.

  • Perawatan Kulit

Tahukah Anda selain bisa menjadi pencegahan beberapa penyakit serius yang sudah disebutkan di atas, bawang dayak ini juga bisa untuk kecantikan. Perlu Anda ketahui manfaat bawang dayak untuk kesehatan yaitu bisa menjaga kesegaran dan kesehatan kulit Anda.

Kandungan senyawa antosianin yang terdapat dalam bawang dayak dipercaya mampu mencerahkan wajah dan juga mencegah munculnya bintik hitam. Salah satu masalah kulit wajah yang membandel seperti noda hitam memang sangat susah untuk dihilangkan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi bawang dayak.

  • Meningkatkan Metabolisme

Selanjutnya khasiat bawang dayak selanjutnya yang tak banyak diketahui yaitu dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan alkaloid yang terdapat di dalam bawang dayak dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sering sakit. Tidak hanya itu saja, bawang dayak ini juga dipercaya dapat mencegah infeksi usus dan masalah ginjal.

  • Mengontrol Tekanan Darah
BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Rasa Ngilu Pada Gigi

Seperti yang diketahui tekanan darah menjadi salah satu penyakit yang banyak dijumpai di masyarakat. Penyakit yang satu ini dapat menyerang siapa saja, baik kalangan pria maupun wanita. Bagi Anda yang menderita penyakit ini, mengkonsumsi bawang dayak adalah solusi yang paling tepat.

Seperti yang diketahui, di dalam bawang dayak terdapat kandungan senyawa alisin yang mana iklim dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu bawang dayak ini ternyata juga memiliki diuretik yang mampu memperbaiki fungsi ginjal dan hati.

Cara Mengolah Dan Mengkonsumsi Bawang Dayak Tenesia

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Bawang Dayak

Konsumsi Bawang Dayak Untuk Pengobatan

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa salah satu khasiat bawang dayak yaitu untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Disarankan dalam mengkonsumsi bawang dayak ini masih dalam kondisi segar.

Cara mengolahnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 3-4 bawang dayak yang telah dicuci bersih. Setelah itu tiriskan dan seduh bawang dayak tersebut dengan menggunakan 1 gelas air mendidih atau sekitar 200ml. Disarankan untuk mengkonsumsi saat masih dalam kondisi hangat dan rutin 2-3 kali sehari.

Cara Membuat Bubuk Bawang Dayak

Selain cara di atas, masih ada banyak cara mengolah bawang dayak yang sering dilakukan oleh masyarakat Kalimantan. Salah satunya yaitu mengolah bawang dayak dengan membuatnya menjadi Bagaimana caranya?

Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bawang dayak yang telah dicuci bersih.
Selanjutnya potong atau iris tipis-tipis bawang dayak dan keringkan menggunakan oven dengan suhu sekitar 50 derajat celcius.

Namun jika Anda tidak memiliki oven, Anda bisa menggunakan cara manual dengan menjemurnya di bawah terik matahari hingga teksturnya benar-benar kering. Jika sudah dinginkan dan tumbuk hingga menjadi serbuk halus.

BACA JUGA :  Cara Mengobati Darah Beku Di Kuku Dengan Cepat

Bawang dayak yang telah menjadi bubuk dapat Anda gunakan untuk dijadikan minuman hangat yang baik bagi kesehatan. Anda dapat mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Kapsul Bawang Dayak

Selanjutnya cara mendapatkan khasiat bawang dayak dengan praktis adalah dengan mengemas nya menjadi kapsul. Proses pembuatannya pun sangat mudah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat bubuk bawang dayak.

Setelah itu masukkan bubuk tersebut kedalam sebuah kapsul dan simpan dalam suhu ruangan. Banyak orang yang lebih suka mengolahnya dalam bentuk kapsul karena lebih praktis bisa dibawa kemana saja dan kapan saja.

Tertarik untuk mencoba membuat kapsul bawang dayak? Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat, disarankan untuk mengolahnya dengan cara yang satu ini.

Membuat Manisan Bawang Dayak

Satu lagi cara yang terbilang praktis dan banyak dilakukan oleh masyarakat Kalimantan yaitu dengan mengolah bawang dayak menjadi manisan. Untuk membuatnya Anda hanya perlu memotong bawang dayang dengan ketebalan sekitar 1-2 mm.

Selanjutnya siapkan 1 kg gula dan encerkan dengan menggunakan 1 liter air. Langkah selanjutnya rebus bawang dayak sekitar 5 menit dan masukkan larutan gula sambil diaduk secara perlahan.

Kemudian masak hingga teksturnya berubah menjadi kental atau sampai berbentuk kristal. Manisan bawang dayak pun sudah siap untuk Anda konsumsi.

Demikian ulasan singkat tentang manfaat bawang dayak untuk kesehatan serta cara mengolahnya. Bagi Anda yang ingin terhindar dari berbagai penyakit dan ingin meningkatkan metabolisme tubuh pastikan untuk mengkonsumsi bawang dayak ini secara rutin. Ada banyak cara untuk mengolahnya, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *