Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Tenesia

Cara memutihkan gigi kuning secara alami bisa dilakukan setelah Anda mengetahui apa saja penyebab gigi kuning itu sendiri. Hal ini karena cara atau langkah apapun yang dilakukan akan percuma jika tidak diimbangi dengan pencegahan. Dengan mengetahui penyebab gigi kuning, Anda akan lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan gigi.

Jadi cara merawat dan memutihkan gigi yang benar adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu barulah bisa dirawat serta diupayakan agar menjadi putih dan bersih kembali. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang apa saja penyebab gigi kuning dan bagaimana cara merawatnya.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Tenesia

Apa Saja yang Menyebabkan Gigi Kuning

Gigi itu sendiri secara umum berwarna gading atau putih bersih dan ditentukan oleh DNA masing-masing. Namun ternyata banyak juga orang yang memiliki gigi kuning dan mencari cara memutihkan gigi kuning secara alami.

Kebanyakan orang mengira bahwa gigi kuning disebabkan oleh kesehatan mulut yang sedang buruk. Namun pada kenyataannya gigi kuning disebabkan oleh kebiasaan yang salah terhadap gigi.

Jika gigi kuning dibiarkan begitu saja dan tidak dirawat serta dilakukan pencegahan, di kemudian hari bisa menimbulkan kerusakan pada gigi. Oleh sebab itu penting sekali mengetahui apa saja yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Berikut ini beberapa hal yang secara umum bisa membuat gigi menjadi kuning, antara lain:

Kurang Bersih Saat Menyikat Gigi

Gigi kuning bisa disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi yang salah atau kurang bersih. Kondisi gigi yang tidak bersih akan membuat plak gigi tertimbun dan menyebabkan gigi bernoda kuning dan bandel. Plak adalah lapisan tipis yang lengket pada gigi dan mengandung bakteri. Lapisan ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti cairan ludah atau bekas makanan yang tidak dibersihkan.

Banyak orang yang mencari cara memutihkan gigi kuning secara alami agar tampilan gigi menjadi lebih indah. Hal ini karena semakin lama tidak dibersihkan, maka semakin banyak pula lapisan lengket tersebut menumpuk dan tertimbun hingga susah dibersihkan.

Email Gigi atau Enamel Mengalami Kerusakan

Terkadang, kerusakan pada gigi atau timbulkan lapisan kuning pada gigi juga terjadi karena faktor umur gigi yang sudah tua. Seperti yang diketahui bahwa gigi memiliki lapisan luar yang berfungsi melindungi gigi, disebut email gigi atau enamel.

BACA JUGA :  Penyebab Rambut Rontok Parah Yang Perlu Diwaspadai

Seiring bertambahnya usia enamel juga bisa rusak atau fungsinya menjadi menurun sehingga menyebabkan gigi menguning.

Kebiasaan Minum Kopi atau Teh

Cara memutihkan gigi kuning secara alami ternyata dengan mengurangi minum teh dan kopi. Hal ini karena kedua minuman favorit banyak orang ini ternyata menjadi penyebab gigi menguning.

Penyebabnya adalah kandungan zat tanin, terutama teh yang kandungan tanin nya lebih tinggi. Tanin ini akan menempel pada lapisan gigi terluar dan lama-kelamaan akan menguning dan membandel serta susah dibersihkan.

Kebiasaan Merokok

Hampir sama dengan kebiasaan minum kopi dan teh, merokok ternyata juga bisa menyebabkan gigi menguning lebih cepat. Bedanya kandungan pada rokok yang menempel pada gigi adalah zat nikotin dan tar.

Lebih buruk lagi, bagi perokok berat akan menyebabkan gigi menguning lebih cepat dan menghitam setelah bertahun-tahun merokok. Oleh sebab itu cara memutihkan gigi kuning secara alami adalah dengan mengurangi atau berhenti merokok.

Pasta Gigi dan Obat Kumur Berlebihan

Saat menggosok gigi biasanya orang menggunakan pasta gigi yang secara umum mengandung zat fluoride. Nah zat inilah yang berfungsi memperkuat gigi dan melindunginya dari bakteri serta mencegah kerusakan pada gigi.

Namun, jika digunakan berlebihan ternyata juga bisa berakibat buruk. Salah satunya yaitu terjadinya kondisi kelebihan fluoride atau disebut fluorosis dan gigi jadi menguning.

Selain itu, penggunaan obat kumur berlebihan juga tidak baik untuk gigi Anda. Obat kumur yang berfungsi membunuh bakteri itu mengandung asam dan asam inilah yang dapat menyebabkan gigi lebih cepat menguning.

Oleh sebab itu, disarankan berkumur kembali dengan air bersih setelah berkumur dengan obat antiseptic. Tujuannya adalah untuk menetralkan asam dari obat kumur antiseptic.

Penggunaan Obat dan Antiseptic

Selain makanan, konsumsi obat dan antiseptic ternyata juga bisa membuat gigi menjadi berwarna kuning. Beberapa di antaranya seperti tetracycline, doxycycline, obat alergi dan tekanan darah. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik petunjuk dari dokter sebelum meminum obat agar tidak berlebihan dan menimbulkan masalah lain.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Nah, agar terhindar dari perubahan warna gigi yang menguning lebih cepat, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini, antara lain:

Arang

Bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk dapat memutihkan gigi secara alami yang pertama adalah Arang. Kandungan antioksidan pada arang mampu membantu menghilangkan noda dan plak pada gigi Anda.

Saat ini Anda dapat membeli dan menggunakan arang bubuk khusus memutihkan gigi, atau menggunakan pasta gigi atau gosok gigi yang juga menggunakan campuran arang.

Siwak

Merupakan salah satu bahan alami yang sudah tidak asing karena sering digunakan untuk membersihkan gigi. Siwak atau bagian dari pohon siwak mampu membantu menjaga kebersihan gigi dan membuat gigi putih alami.

Pastikan Anda menggunakan siwak yang memiliki tekstur lembut atau haluskan siwak dalam bentuk bubuk dan campurkan dengan air hingga kental seperti pasta gigi.

Kemudian oleskan siwak hingga merata diseluruh gigi dan tunggu hingga 5 menit. Setelah itu bersihkan gigi Anda dengan berkumur. Anda dapat melakukan hal ini 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Menggosok Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Agar gigi selalu bersih dan terhindar dari timbunan lapisan plak membandel, biasakan menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi bisa dilakukan saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga bisa menggosok gigi setelah makan, atau bisa juga hanya dengan berkumur menggunakan cairan antiseptic. Perlu diperhatikan bahwa menggosok gigi tidak boleh terlalu keras karena bisa menyebabkan gusi berdarah dan timbul masalah baru.

Berkumur Dengan Cairan Antiseptic

Selain itu jangan lupa juga untuk berkumur menggunakan cairan antiseptic untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri di dalam mulut. Berkumur bisa dilakukan setelah menggosok gigi, sehingga proses membersihkan gigi menjadi lebih optimal.

BACA JUGA :  Cara Mencegah Dan Mengobati Kuku Cantengan Dengan Mudah

Jadi cara memutihkan gigi kuning secara alami adalah dengan berkumur menggunakan cairan antiseptic. Berkumur juga bisa jadi alternatif menggosok gigi setelah makan, tetapi jangan sampai cairannya tertelan karena tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Setelah itu pastikan Anda berkumur lagi dengan air bersih untuk menetralkan mulut.

Gunakan Pasta Gigi Khusus Perokok

Pernahkah Anda melihat iklan pasta gigi khusus perokok? Nah, pasta gigi tersebut ternyata juga bisa digunakan untuk Anda yang suka minum teh atau kopi. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kopi dan teh dapat menyebabkan gigi lebih cepat menguning karena kandungan zat tanin.

Nah cara memutihkan gigi kuning secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus perokok. Pasta gigi ini dibuat khusus untuk membantu mengikis zat tanin, nikotin dan tar.

Gunakan Sedotan Dengan Bijak

Minuman yang mengandung asam secara tidak langsung bisa menyebabkan gigi kuning. Hal ini karena minuman asam bisa merusak enamel atau email gigi yang fungsinya untuk melindungi gigi.

Jika enamel ini rusak, maka gigi akan lebih cepat berwarna kuning. Agar lebih optimal dalam pencegahan kerusakan enamel, tentu saja bisa dengan mengurangi minuman yang bersifat asam.

Cara memutihkan gigi kuning secara alami adalah dengan mengurangi minuman asam atau mencegahnya bersentuhan langsung dengan gigi. Nah disinilah peranan sedotan diperlukan untuk menghindari minuman asam langsung menyentuh gigi.

Kurangi Kopi, Teh dan Rokok

Sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi minuman kopi, teh dan rokok yang jelas-jelas mengandung zat yang dapat mempercepat gigi menguning. Lagi pula minum kopi dan teh berlebihan juga tidak baik bagi ginjal, lebih baik biasakan minum air putih.

Apalagi rokok, lebih baik dihindari atau stop merokok karena banyak penyakit kronis yang ditimbulkan karena kebiasaan merokok.

Itulah beberapa penyebab dan cara memutihkan gigi kuning secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menghindari apa saja yang menyebabkan gigi menjadi lebih cepat menguning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *