Cara Mencegah Dan Mengobati Kuku Cantengan Dengan Mudah

Cara Mencegah Dan Mengobati Kuku Cantengan Dengan Mudah Tenesia

Berikut cara mencegah dan mengobati kuku cantengan dengan mudah. Pernah mengalami kuku cantengan? Tentu Anda tahu seperti apa sakitnya cantengan. Cantengan bukan hanya menimbulkan rasa sakit tetapi juga mengurangi rasa percaya diri.

Cara Mencegah Dan Mengobati Kuku Cantengan Dengan Mudah Tenesia

Apabila Anda sering mengalami cantengan, tak ada salahnya mencari tahu bagaimana cara mengobati kuku cantengan. Karena kuku cantengan bila dibiarkan dan tidak diobati akan menimbulkan infeksi serius.

Apa Itu Cantengan?

Cantengan atau Ingrown Nail biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan yang diiringi dengan pembengkakan dan rasa sakit di sudut ujung jari. Pembengkakan tersebut disebabkan karena adanya pertumbuhan sisi kuku yang mengarah ke dalam kulit.

Kondisi ini bisa terjadi pada salah satu jempol kaki atau di kedua kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku jempol kaki tebal atau melengkung. Cara mengobati kuku cantengan bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini atau dengan penanganan medis bila sudah mencapai tahap yang parah.

Mengenali Gejala Cantengan

Langkah pertama cara mengobati kuku cantengan yakni dengan mengenali gejala cantengan. Apabila Anda merasakan sakit di area sudut ujung jempol kaki, bisa jadi kuku tersebut mengalami cantengan.

Apalagi bila rasa sakit tersebut disertai dengan penumpukan cairan di area sekitar kuku jari kaki, nyeri ketika kuku ditekan, kuku mengeluarkan nanah berwarna putih atau kuning, pendarahan pada kuku yang cantengan dan adanya peradangan pada ujung jari kaki.

Mengobati Kuku Cantengan Dengan Mudah Tenesia

Adanya pertumbuhan kulit berlebih di kuku yang cantengan serta keluarnya nanah dan darah merupakan pertanda kalau kuku tersebut mengalami infeksi. Jika Anda menemukan gejala tersebut, sebaiknya langsung segera diobati agar cantengan tidak semakin parah.

Membersihkan Kulit Secara Rutin

Langkah pengobatan kuku cantengan selanjutnya yakni dengan menjaga kebersihan kulit terutama kulit kaki secara rutin. Bersihkan kulit kaki dengan cara mencucinya menggunakan sabun dan air hangat. Agar cantengan bisa segera mereda dan tak makin parah, cuci kaki selama 20 menit sebanyak 4 kali sehari.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Untuk membantu kuku tumbuh di atas kulit, cobalah menjauhkan kulit dari tancapan kuku. Gunakan cotton buds, kapas atau dental floss untuk mengganjal celah antara kuku dan kulit. Karena metode ini bisa cukup menyakitkan, sebaiknya lakukan secara perlahan dengan sesekali berikan minyak zaitun.

Merendam Dengan Air Hangat

Cara mengobati kuku cantengan yang mudah dilakukan dan alami yakni dengan merendam kaki ke dalam air hangat. Langkah ini bisa dilakukan di tahap awal munculnya cantengan terutama ketika muncul tanda-tanda rasa sakit di area kuku, adanya pembengkakan atau area sekitar kuku terasa keras.

Rendam kuku yang terkena cantengan ke dalam air hangat yang sudah dicampuri garam selama 15 menit sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Demi mengurangi rasa sakit dan meredakan pembengkakan kompres area kuku yang cantengan menggunakan kompres hangat.

Memotong Kuku Secara Lurus

Cara mengobati kuku cantengan lainnya yakni dengan memotong kuku yang menancap di kulit secara lurus. Lakukan secara perlahan agar kuku yang menancap bisa terambil dan tak tertinggal di permukaan kulit.

Langkah ini akan mengurangi tekanan kuku di permukaan kulit dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh tancapan kuku tersebut. Bila terpaksa harus menggunakan sepatu, pilih kaos kaki dan sepatu yang nyaman dan pas atau tidak terlalu sesak.

Mengurangi Rasa Sakit Akibat Cantengan

Untuk mengurangi rasa sakit akibat cantengan Anda bisa meminum obat-obatan pereda rasa sakit seperti paracetamol dan ibuprofen. Konsumsi obat tersebut sesuai dengan dosis, usia dan petunjuk yang tercantum di kemasan obat.

Agar cantengan tidak tambah parah dan menjadi infeksi, oleskan saja krim antibiotik pada jari yang cantengan. Kemudian tutup jari yang sakit memakai perban kain kasa dan usahakan agar terus diobati.

BACA JUGA :  Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Alami

Penanganan Cantengan Oleh Dokter

Apabila cantengan sudah menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti meradang, mengeluarkan nanah atau pendarahan, sebaiknya segera menemui dokter. Apalagi jika Anda memiliki riwayat diabetes, maka cara mengobati kuku cantengan memanfaatkan penanganan oleh dokter akan sangat diperlukan agar luka cantengan bisa segera disembuhkan.

Jalan operasi pencabutan kuku bisa diambil apabila luka cantengan sudah sangat parah. Operasi pencabutan kuku akibat cantengan ini bisa berupa pencabutan seluruh kuku maupun pencabutan sebagian kuku.

Menghindari Penyebab Cantengan

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga perlu menghindari aktivitas yang mampu memicu cantengan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan guna mencegah munculnya cantengan di antaranya :

  • Hindari memotong kuku terlalu pendek
  • Potong kuku secara lurus bukan melengkung mengikuti lengkungan ujung jari, cek tips “Cara Memotong Kuku Dengan Baik Dan Benar
  • Gunakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman dan tak terlalu sempit sehingga tidak menekan jari kaki
  • Apabila di sekitar kuku terdapat kulit mati atau kulit-kulit keras, singkirkan menggunakan batu apung atau kikir khusus kuku
  • Gunakan pelembab untuk area kaki dan jagalah selalu kebersihan kaki
  • Apabila Anda termasuk orang yang sering mengalami cantengan, tak ada salahnya periksakan kesehatan kaki Anda secara rutin ke dokter

Dengan menerapkan cara mengobati kuku cantengan di atas, niscaya cantengan akan semakin cepat pulih dan tak datang kembali. Sekian tips dari Tenesia mengenai cara mencegah dan mengobati kuku cantengan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *