Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami Dan Cepat

Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami Dan Cepat Tenesia

Apakah Anda pernah mengalami gatal-gatal? Jika pernah maka, Anda pasti terganggu karena rasa gatal membuat Kita untuk selalu menggaruknya. Saat terkena gatal, sebaiknya cepat diobati supaya tidak merasa gatal lagi.

Ada banyak cara menghilangkan gatal, salah satunya yaitu menghilangkan gatal secara alami. Simak penyebab dan cara menyembuhkan rasa gatal dengan cepat secara alami berikut.

Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami Dan Cepat Tenesia

Penyebab dan Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami

Sebelum mengetahui cara menghilangkan gatal secara alami. Alangkah baiknya Anda mengetahui penyebab gatal di tubuh. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Contohnya seperti faktor digigit nyamuk, alergi, terkena ulat, dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya gatal merupakan penyakit yang sederhana tetapi bisa menjadi serius jika tidak ditangani secepatnya. Apabila Anda tidak sempat ke dokter atau apotek untuk membeli obat maka, bisa menghilangkan gatal secara alami.

Jadi Anda memanfaatkan bahan tradisional, kemudian diracik menjadi ramuan obat gatal. Berikut merupakan beberapa cara dalam menghilangkan gatal dengan bahan-bahan alami.

Centella Asiatica (Pegagan)

Centella asiatica dikenal sebagai tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai obat tradisional penyembuh luka. Tanaman pegagan mengandung terpenoid, kandungan tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan luka ringan, memperkuat lapisan kulit, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan antioksidan yang berada di kulit iritasi.

Kandungan madecassoside dan asiaticoside juga ada di pegagan. Keduanya mampu meningkatkan kolagen. Kandungan kolagen bisa mempercepat penyembuhan kulit akibat iritasi serta dapat menghilangkan bekas luka dengan cepat.

Lidah Buaya

Menghilangkan gatal secara alami bisa menggunakan tanaman lidah buaya. Tanaman ini memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, terutama menyembuhkan rasa gatal akibat iritasi.

Caranya yaitu ambil bagian gel yang ada di lidah buaya, kemudian gelnya dioleskan ke kulit yang gatal. Lidah buaya bersifat seperti antimikroba (mencegah perkembangan iritasi ke infeksi).

BACA JUGA :  Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Lidah buaya juga bersifat anti radang (mengurangi rasa nyeri, radang dan kemerahan pada iritasi kulit. Iritasi ini dapat disebabkan oleh kulit kering, sehingga memakai bahan alami lidah buaya sebagai obat merupakan hal yang tepat.

Lidah buaya dipercaya mampu mengembalikan kekenyalan dan kelembapan kulit secara cepat. Anda juga dapat menyimpan olahan lidah buaya untuk digunakan nantinya.

Cuka Apel

Sebagian besar orang memanfaatkan cuka apel sebagai obat penghilang gatal. Menurut penelitian cuka apel bisa mengatasi iritasi kulit dengan cepat.

Caranya dengan mengambil satu sendok makan cuka apel, kemudian oleskan ke kulit iritasi. Selain itu Anda bisa memakainya dengan cara mengompres kulit gatal menggunakan kapas yang telah direndam oleh cuka apel.

Cuka apel memiliki sifat antifungi dan antiseptik. Sifat tersebut mampu untuk membantu mempercepat penyembuhan sakit iritasi pada area kulit.

Oatmeal

Oatmeal yang biasanya dimakan ternyata dapat digunakan untuk menyembuhkan iritasi. Oatmeal memiliki sifat humektan (melembabkan kulit kering). Kandungan senyawa yang ada di oatmeal adalah avenanthramide, senyawanya bisa menurunkan peradangan iritasi kulit dan mengembalikan warna kulit.

Untuk bisa menyembuhkan gatal secara cepat menggunakan oatmeal maka gunakan cara yang tepat. Caranya adalah mandi bubur oatmeal dingin. Kemudian setelah mandi, Anda bisa merasakan bahwa iritasi perlahan-lahan akan sembuh.

Baking Soda

Menghilangkan gatal secara alami selanjutnya menggunakan baking soda. Anda tentunya belum tahu kalau baking soda yang biasa digunakan untuk membuat kue ternyata bisa dibuat menyembuhkan iritasi.

Menyembuhkan iritasi dengan baking soda caranya gampang, cukup mengompres kulit gatal dengan kain yang telah direndam baking soda. Apabila iritasi nya lumayan banyak, bisa langsung merendam tubuh di dalam air yang ditambahkan baking soda.

BACA JUGA :  Cara Mengobati Darah Beku Di Kuku Dengan Cepat

Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering digunakan sebagai obat alami penumbuh rambut. Seringkali orang menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut. Tidak hanya rambut saja, minyak kelapa ternyata bisa mengatasi permasalahan kulit seperti eksim, psoriasis, jerawat, dan gatal.

Minyak kelapa kaya akan protein, proteinnya mampu mempercepat regenerasi sel kulit yang mati, memperbaiki jaringan kulit iritasi, dan permasalahan kulit lainnya.

Minyak kelapa sangat efektif dalam melembabkan kulit kering. Cocok digunakan untuk orang yang kulitnya kering. Pemakaian minyak zaitun cukup dioleskan ke kulit iritasi.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya bisa menghilangkan gatal secara alami. Minyak zaitun bisa digunakan ke seluruh permukaan kulit. Contohnya seperti kulit wajah, kulit badan, bahkan bisa digunakan untuk rambut.

Kandungan utama pada minyak zaitun adalah oleocanthal. Kandungan oleocanthal tersebut mampu menyembuhkan kulit kering, iritasi, kemerahan dan gatal.

DaunĀ Peppermint

Berikutnya Anda bisa menghilangkan gatal secara alami menggunakan daun peppermint. Daun ini mampu mengatasi kulit iritasi akibat sengatan serangga ataupun tanaman beracun.

Caranya daun peppermint ditumbuk halus, kemudian diletakkan pada kulit iritasi. Diamkan beberapa saat hingga iritasi membaik. Demikian berbagai cara menghilangkan gatal secara alami. Menggunakan bahan-bahan alami untuk menyembuhkan gatal membuat Anda lebih efisien, karena tidak perlu repot pergi ke dokter.

Berbeda lagi jika iritasi semakin memburuk, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit. Sekian penjelasan mengenai berbagai cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *