Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Tenesia

Berikut tips cara menjaga kesehatan mata secara alami. Mata Anda tiba-tiba saja pedih atau kabur? Hati-hati! Jangan panik, tetap waspada bisa jadi Anda sedang mengalami kelelahan ekstra pada mata.

Tubuh yang lelah akan berpengaruh sangat besar di area mata. Otak dan tubuh saling berkesinambungan dengan satu saluran yaitu syaraf termasuk juga syaraf mata.

Setiap syaraf ini selalu memantau apapun kegiatan di tubuh Anda, maka menjaga mata secara alami lebih diutamakan. Syaraf pada mata akan mengalami gangguan, maka untuk mencegah dan menjaga kesehatan mata secara alami simak ulasan berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Tenesia

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Ada yang beranggapan bahwa memakai kacamata akan menambah nilai plus di wajah Anda. Karena hal tersebut seharusnya perlu waspadai. Memakai kacamata khusus bukanlah suatu gaya dan tren yang perlu Anda ikuti.

Untuk Anda yang memiliki mata normal atau tidak minus dan silinder, sebaiknya terus menjaga kesehatan mata Anda agar terhindar dari penggunaan kacamata. Berikut tips menjaga mata secara alami yang dapat Anda lakukan.

Makan Makanan Bergizi

Perbanyak makan wortel, sayuran hijau dan buah-buahan. Kandungan vitamin A yang banyak akan memperkuat daya gerakan mata. Meskipun lelah tetapi mata yang sudah mendapatkan asupan vitamin A cukup banyak lebih kuat menahan cahaya matahari dengan panjang gelombang yang berbahaya.

Makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan mata seperti salmon, brokoli, bayam, wortel, sayur kale, tomat, telur, bawang putih, alpukat, wortel dan biji bunga matahari.

Posisi Tubuh

Biasakan duduk tegak saat menonton dan membaca buku. Kebiasaan buruk ini seringkali Anda lakukan dengan alasan sambil bersantai, namun sudut mata yang tidak normal akan membuat mata lekas lelah.

Contohnya seperti membaca buku atau memainkan handphone sambil berbaring. Hal ini akan memperburuk kesehatan mata Anda.

Upayakan untuk membaca buku dalam posisi duduk tegak dan berikan jarak normal saat Anda menonton atau membaca buku, karena jarak terlalu dekat hanya akan membuat kerja mata semakin berat.

Radiasi Elektronik

Radiasi televisi atau handphone yang besar membuat mata Anda mengalami kecembungan lensa dari ukuran semula. Usahakan untuk memberikan jarak saat menonton televisi dan menggunakan handphone.

BACA JUGA :  Cara Memutihkan Kuku Yang Kekuningan Secara Alami

Maka dari itu sebaiknya hindari juga untuk terlalu sering di depan layar handphone, televisi dan komputer. Alihkan pandangan sementara jika memang Anda harus bekerja di depan komputer selama seharian penuh.

Lensa Kontak

Jika mata Anda sedang iritasi merah maka hindari pemakaian lensa kontak, karena lensa kontak tidak semuanya mata cocok. Salah pemakaian akan merusak keindahan mata Anda.

Konsultasikan kepada ahli mengenai lensa kontak yang berkualitas dan cocok untuk mata Anda. Pilih merk lensa kontak yang terpercaya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Pastikan juga untuk tidak memakai lensa kontak terlalu lama, apalagi hingga lupa saat tidur. Serta jaga selalu kelembaban lensa kontak agar mata tidak kering dan terkena iritasi.

Menjaga Kebersihan

Selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan hingga bersih saat akan memegang area mata, kuman yang melekat di tangan bisa menjadikan iritasi. Begitupun saat Anda ingin mencopot dan memasang lensa kontak, sebaiknya cuci tangan Anda terlebih dahulu.

Pencahayaan Yang Cukup

Perhatikan ruangan atau meja Anda, apakah pencahayaan sudah cukup? Pastikan ruangan tempat Anda beraktivitas memiliki penerangan yang cukup, terlebih untuk area meja kerja. Karena pencahayaan yang kurang dapat mengganggu kesehatan mata Anda.

Menghindari Debu Berlebih

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya adalah dengan menghindari debu yang masuk ke mata. Apabila Anda sedang di jalan, gunakan kacamata normal agar debu tidak masuk ke mata. Debu juga bisa membuat mata Anda merah selama berhari-hari karena iritasi.

Istirahat dan Relaksasi Mata

Bila mata terasa lelah, maka istirahat terlebih dahulu dengan memejamkan mata atau melihat ke arah lain. Hal ini sangat disarankan untuk dilakukan terutama bagi Anda yang bekerja lama di depan layar komputer atau menonton televisi berjam – jam.

Anda juga dapat menempelkan mentimun di mata sejenak untuk relaksasi mata agar tidak tegang. Relaksasi mata biasanya dilakukan bersamaan dengan memijat wajah. Anda dapat memijat keseluruhan area wajah hingga kepala agar terasa rileks.

BACA JUGA :  Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Hindari Kontak Langsung Dengan Sinar UV

Jangan terlalu sering melihat cahaya matahari secara langsung dan dalam kurun waktu lama, karena radiasi sinar UV dengan panjang gelombang tertentu malah mengakibatkan cedera pada mata.

Menjaga kesehatan mata memang gampang-gampang susah, namun Anda tidak boleh menyepelekan asupan vitamin dari dalam. Penggunaan obat tetes mata tidak harus Anda gunakan secara terus menerus, karena tetap saja ada efek samping lainnya.

Selalu biasakan dengan pengobatan alami sebelum Anda putuskan dengan pengobatan kimiawi. Karena efek samping obat kimiawi mungkin saja terjadi pada mata Anda.

Gangguan Mata

  1. Iritasi Mata Merah

Mata merah terjadi karena beberapa faktor seperti kuman yang masuk, kelilipan, demam, efek pemakaian lensa kontak. Anda harus mengamati penyebabnya lebih dulu sebelum hendak melakukan pengobatan.

Saat mata merah karena kuman dan muncul lendir warna putih maka jangan Anda kucek. Biarkan sejenak dengan rasa yang nyaris pedih.

Untuk pengobatan mata demikian bisa Anda ambil daun sirih 2 lembar dan rebus, kemudian didinginkan dan buat cuci mata dengan cara mendekatkan mata ke air tadi.

Mata akan terasa perih karena senyawa aktif pada sirih sedang menarik kuman. Kedipkan mata saat melakukan perimbangan sebanyak 10 kali. Lakukan sehari sekali saja dan lihat efeknya.

  1. Rabun Jauh

Rabun jauh (Miopi) adalah kelainan mata yang tidak mampu melihat objek pada jarak jauh, misalnya jarak dari kursi belakang kelas hingga ke papan tulis.

Penyebabnya adalah penderita terbiasa memandang objek dengan tiduran, terlalu dekat dengan televisi sehingga bayangan akan jatuh di depan retina.

Kebiasan buruk tersebut akan menyebabkan seseorang akan kesulitan melihat objek karena tampak buram. Penderita bisa dibantu dengan memakai kacamata cekung (-) agar bayangan jatuh tepat di retina.

  1. Rabun Dekat

Rabun dekat (Hipermetropi) adalah kelainan mata yang tidak mampu melihat objek dari jarak dekat, karena bayangan jatuh di belakang retina. Misalnya Anda melihat buku tidak kelihatan dan harus memakai kacamata cembung (+).

BACA JUGA :  Cara Mengobati Darah Beku Di Kuku Dengan Cepat

Lensa mata penderita rabun dekat ini sangat pipih dan tipis. Rabun dekat dapat disebabkan oleh faktor genetik dan usia. Penderita ini biasanya adalah orang lanjut usia (50 tahunan).

  1. Astigmatisme

Astigmatisma atau silinder adalah kelainan mata yang tidak bisa melihat objek karena kabur. Lensa atau kornea mata mengalami kelainan sehingga bayangan yang masuk tidak diterima dengan baik.

Akomodasi mata (daya kembang kempis) mengalami kelelahan sehingga saat melihat suatu objek jarak jauh maupun dekat objek akan tampak kabur. Penderita silinder bisa melihat dengan bantuan penggunaan kacamata silinder.

Penyebabnya timbulnya astigmatisme adalah rabun dekat dan rabun jauh yang sudah sangat parah, menderita sindrom down, alami gangguan mata degenerasi kornea atau penipisan kornea, terdapat benjolan pada mata yang menekan area kornea dan penyebab lainnya seperti terlahir prematur.

  1. Buta Warna

Buta warna adalah kelainan genetik (dominan) yang tidak mampu menangkap warna pada sel kerucut. Penderita buta warna tetap bisa melihat secara normal tetapi tidak mampu membedakan warna.

Jadi yang ditangkap mata hanyalah warna hitam-putih saja atau tidak dapat melihat warna merah, hijau, kuning, hingga biru. Hingga saat ini belum ada yang bisa menolong penderita kecuali alat deteksi warna yang dipasang di kepala.

Untuk yang tidak dapat melihat warna merah-hijau sekarang sudah ada kacamata EnChroma dan Color Correction System (CCS) yang dapat membantu meningkatkan kepekaan mata untuk melihat warna merah-hijau, namun dengan harga yang masih cukup mahal.

Kesimpulan Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Untuk menghindari terjadinya kelelahan hingga kerusakan pada mata, maka sebaiknya mulai dari sekarang usahakan untuk selalu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena mata adalah salah satu indra penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Istirahat teratur, makan makanan bergizi serta lakukan aktivitas tidak berlebihan pada mata akan menjaga kesehatan mata Anda. Semoga tips dari Tenesia mengenai cara menjaga kesehatan mata secara alami dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *