Sejarah Operasi Plastik Di Korea Selatan

Sejarah Operasi Plastik Di Korea Selatan Tenesia

Berikut pembahasan mengenai sejarah operasi plastik di Korea Selatan. Menyaksikan Boyband atau Girlband asal Korea Selatan, kesan yang kita tangkap adalah wajah mulus, putih, imut, bak boneka dan setampan para raja. Artis-artis yang mengisi sinetron dan film Korea Selatan sangat menyenangkan untuk dilihat.

Dengan mata yang khas, Anda bisa mendeteksi bahwa pria wanita itu adalah penduduk dari Korea Selatan. Kecantikan dan ketampanan khas artis Korea ini rupanya tidak lepas dari operasi plastik. Di Korea Selatan operasi plastik adalah sesuatu yang umum dan bukan hal yang asing.

Sejarah Operasi Plastik Di Korea Selatan Tenesia

Bahkan dalam dunia hiburan rutinitas ini telah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu utamanya sejak industri hiburan yang ada di Korea sangat populer hingga ke ranah internasional. Sewaktu Anda berada di Korea Selatan Anda akan disuguhkan dengan banyaknya iklan operasi plastik yang wara-wiri di televisi maupun di media offline-nya.

Harga yang ditawarkan pun sangat bervariatif mulai dari yang paling terjangkau sampai yang paling mahal. Bagi para mahasiswa Korea Selatan yang telah lulus dan ingin mudah diterima kerja, maupun untuk terjun ke dunia hiburan, melakukan tindakan mempercantik diri dengan operasi plastik adalah kewajiban.

Sejarah Operasi Plastik Di Korea Selatan

Apalagi dunia hiburan menuntut tampilan fisik yang sempurna agar nyaman dilihat. Bagi masyarakat Korea Selatan ini adalah hal yang biasa dan membudaya. Masyarakat setempat terbiasa dengan rutinitas tersebut dan menjadikannya sesuatu yang lumrah.

Seiring dengan semakin meningkatnya pamor Korea di bidang industri hiburan, operasi plastik saat ini  menjadi ritual yang biasa dan tidak asing bagi masyarakat setempat. Adapun beberapa fakta menarik seputar operasi plastik di Korea Selatan adalah:

Dimulai Pada Tahun 1961

Budaya operasi plastik di Korea Selatan rupanya telah berlangsung sejak lama. Di ranah internasional operasi plastik berlangsung sejak sekitar abad ke-8 sebelum Masehi. Kala itu seorang dokter kenamaan dari India memperkenalkan teknik memperbaiki telinga dan hidung.

Selanjutnya operasi plastik berkembang pada abad ke-1 sebelum Masehi dimana penduduk Romawi mulai memperbaiki telinganya dengan langkah operasi namun hasil yang didapat belum maksimal. Masuk abad ke-19, terjadi perang yang berdampak pada rusaknya bagian tubuh tertentu.

Ini adalah alasan utama kenapa pihak medis akhirnya bersedia melakukan operasi plastik dengan teknik yang baru untuk memperbaiki bagian tubuh yang telah rusak. Memasuki tahun 1960-an berkembanglah teknik operasi plastik yang tujuannya tidak hanya untuk memperbaiki bagian tubuh yang mengalami kerusakan, namun juga meningkatkan performa fisik agar semakin menarik.

Di Korea Selatan, seorang dokter yang bernama Yoo Jae Duk awalnya belajar teknik operasi plastik di Amerika Serikat yang selanjutnya pulang ke negara asalnya dan memperkenalkan kepada masyarakat setempat. Tepat pada tahun 1966, didirikanlah akademi operasi plastik di Korsel.

Kemudian berselang beberapa tahun saja di Acc oleh pihak Departemen Pelayanan Sosial dan Kesehatan setempat. Tidak tanggung-tanggung, tahun 1975 dibentuklah kurikulum pendidikan yang khusus mencetak ahli operasi plastik (Oplas) agar hasil perawatan yang dilakukan maksimal.

Alasan Penduduk Korea Selatan Gemar Melakukan Operasi Plastik

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penduduk Korea Selatan melakukan operasi plastik. Diantaranya adalah adanya diskriminasi yang mendorong warga negara setempat untuk berlomba-lomba mempercantik penampilan masing-masing, baik itu perempuan maupun laki-laki.

Diskriminasi Penampilan

Diskriminasi tersebut terjadi sejak puluhan tahun yang lalu. Diskriminasi itu utamanya terlihat saat mencari kerja. Siapa saja yang secara tampilan lebih cantik atau lebih tampan, maka akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, layak untuk hidup bahagia dan lebih dihargai.

Lain halnya dengan mereka yang secara tampilan kurang menarik, sehingga sulit sekali untuk diterima di dunia kerja dan harga jualnya pun rendah. Dari latar belakang tersebut terbentuk mindset dalam pikiran masyarakat bahwa yang paling penting adalah penampilan.

Operasi Plastik Di Korea Selatan Tenesia

Performa fisik memegang peranan penting untuk mencapai kebahagiaan hidup. Kehadiran dokter Yoo Jae Duk inilah yang kemudian menjadi solusi bagi masyarakat setempat untuk melakukan oplas. Saat itu harga oplas yang ditawarkan sangat mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mampu melakukannya.

Iklan yang menawarkan jasa oplas pun tidak segencar sekarang. Bahkan hampir 50 persen masyarakat Korea melakukan oplas sebelum bekerja untuk memudahkan proses penerimaan saat open recruitment berlangsung.

Tampil Lebih Menarik

Tidak hanya faktor diskriminasi, orang Korea ternyata terobsesi untuk memiliki wajah seperti penduduk Eropa yang putih berseri. Mereka beranggapan bahwa seseorang dianggap menarik karena hidungnya yang mancung, mata yang bulat dan lebar dengan kelopak mata yang indah.

Kewajiban Dan Hadiah Ulang Tahun

Mindset bahwa oplas seolah-olah wajib dilakukan diturunkan dari orang tua kepada anak-anaknya. Bahkan, tidak jarang orang tua yang menghadiahi anaknya dengan oplas agar tampilannya semakin menarik.

Persaingan Dunia Kerja

Populasi masyarakat Korea Selatan semakin hari semakin meningkat. Dari situ jumlah penduduk yang semakin banyak itu saling berebut tempat di dunia kerja dan memilih mana dari sekian banyak pelamar yang paling unggul yang salah satu pertimbangannya adalah dari segi performa fisik yang dimiliki.

Agen Operasi Plastik

Namun perkembangan operasi plastik atau juga sering disebut bedah plastik mulai terjangkau dan membuat operasi plastik semakin banyak dicari. Di Indonesia operasi plastik pun telah hadir di berbagai kota besar, dan layanannya mulai dari memancungkan hidung, pengecilan perut, operasi kelopak mata, facelift, membentuk rahang hingga operasi plastik lainnya.

Dikarenakan tingkat keberhasilan serta peralatan medis yang canggih membuat Korea Selatan, Thailand dan Amerika menjadi pilihan tempat untuk melakukan tindakan bedah plastik. Ingin pergi ke Korea Selatan untuk operasi plastik?

Sekarang sudah lebih mudah dan hemat dengan hadirnya berbagai agen medis Korea di Indonesia. Anda dapat menghubungi berbagai Jasa Agen Operasi Plastik di Korea terpercaya untuk melakukan konsultasi. Sekian penjelasan sejarah operasi plastik di Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *