Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Cepat Tenesia

Wajah yang dihiasi jerawat tentunya akan sangat mengganggu. Sering kali jerawat menimbulkan rasa malu, terlebih lagi bila jumlahnya lebih dari satu. Ingin menghilangkan jerawat sesegera mungkin, tetapi takut resikonya sekaligus biaya mahal yang akan dikeluarkan?

Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami, aman sekaligus hemat biaya yaitu memanfaatkan bahan-bahan yang disediakan alam sekitar kita.

Pemicu Munculnya Jerawat

Jerawat sendiri sebenarnya salah satu jenis penyakit kulit yang berhubungan dengan kelenjar minyak di kulit. Pori-pori (Lubang kecil pada kulit) terhubung secara langsung dengan kelenjar yang memproduksi minyak yang disebut zat sebum.

Jerawat yang tumbuh tak jarang memancing tangan untuk menyentuh bahkan memencetnya. Namun berhati-hatilah bila jerawat disentuh dengan tangan kotor, hal itu akan memicu jerawat muncul semakin subur. Beberapa hal pemicu jerawat antara lain.

Memencet Jerawat

Rasa gatal di area berjerawat atau sekedar iseng menyentuh jerawat, bisa memicu jerawat tumbuh semakin banyak. Apabila benar-benar ingin memencet jerawat agar segera kempes, pastikan lebih dulu tangan Anda telah bersih.

Bersihkan jari-jari menggunakan antiseptik sebelum memencet jerawat. Bersihkan cairan jerawat yang keluar menggunakan antiseptik pula.

Cairan yang keluar dari jerawat tak hanya mengandung minyak atau pun darah, tapi cairan tersebut juga mengandung bakteri.

Cairan jerawat yang tidak segera dibersihkan dengan antiseptik akan membuat area kulit sekitarnya dihinggapi bakteri hingga menimbulkan jerawat baru yang lebih banyak.

Namun tindakan memencet jerawat dengan tangan, sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat meninggalkan bekas jerawat, berupa warna kehitaman hingga lubang-lubang di kulit atau bopeng.

Mengkonsumsi Makanan Berlemak Berlebihan

Makanan dengan kandungan tinggi lemak juga dapat memicu timbulnya jerawat, sebab membuat kelenjar kulit memproduksi lebih banyak sebum.

Layar Ponsel Kotor

Berdasarkan penelitian layar ponsel menjadi sarang banyak bakteri, bersaing dengan jumlah bakteri toilet umum. Jumlah bakteri di layar ponsel lebih banyak dibandingkan pegangan pintu.

BACA JUGA :  Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tetap Bersih Dan Sehat

Hal ini tidak disadari oleh kebanyakan orang. Sering kali tangan kita menyentuh layar ponsel dalam keadaan tidak higienis, meletakkannya dimana pun dan layar ponsel hanya dibersihkan sekedarnya tanpa anti bakteri.

Kebiasaan ini yang menjadikan layar ponsel sebagai sarang bakteri. Layar ponsel yang menempel pada kulit wajah dapat menyebabkan bakteri berpindah, hingga bakteri tersebut memicu jerawat pada wajah.

Terlalu Sering Mencuci Wajah Menggunakan Facial Wash atau Sabun

Mencuci wajah memang perlu dilakukan, terlebih lagi jika telah terpapar debu seharian. Namun bukan berarti sering mencuci wajah merupakan cara menghilangkan jerawat secara alami.

Ternyata sering mencuci wajah justru dapat membuat kulit berjerawat karena sabun membuat kulit kekurangan minyak dan justru hal itu menjadikan kelenjar minyak berproduksi berlebihan.

Cuci muka rutin setiap hari menggunakan sabun, cukup dilakukan 2 kali dalam sehari dan pergunakan produk facial wash yang ringan tanpa banyak kandungan kimia.

Make Up

Menggunakan make up memang membuat tampilan wajah lebih cantik. Namun gunakan produk make up yang tepat.

Sesuaikan dengan jenis kulit agar tak mudah berjerawat. Untuk aktivitas sehari-hari, gunakan make up yang sangat sederhana agar pori-pori kulit tidak tersumbat oleh banyak bahan kimia yang terkandung dalam make up.

Perubahan Hormone

Tak hanya remaja, wanita dewasa dapat mengalami wajah berjerawat karena terjadi perubahan jumlah hormon. Pada perempuan di masa-masa tertentu, hal ini merupakan sesuatu yang umum terjadi, seperti di masa jelang menstruasi serta masa kehamilan.

Pubertas

Sebagian orang pasti pernah mengalami wajah berjerawat ketika masa pubertas saat remaja. Pada masa pubertas, produksi sebum meningkat karena produksi hormon testosteron meningkat pula.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Mengatasi jerawat tak perlu terburu-buru ke dokter ahli kulit atau ke klinik perawatan kulit hingga menghabiskan banyak biaya. Apabila khawatir dengan risiko bahan kimia yang tak cocok bagi kulit sensitif, sebaiknya urungkan dulu penggunaan obat kimia untuk mengatasi jerawat.

BACA JUGA :  Berbagai Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Coba bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami.

Lidah Buaya

Jenis tanaman herbal yang satu ini bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah. Kandungan Polifenolnya berperan membasmi jerawat dan termasuk menyembuhkan kehitaman di kulit bekas jerawat.

Caranya potong lidah buaya lalu ambil gelnya, selanjutnya oleskan gel lidah buaya tersebut ke seluruh wajah terutama pada area berjerawat. Diamkan gel lidah buaya di wajah sekitar 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Putih Telur

Bahan alami ini mengandung enzim lisozim yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami. Caranya pisahkan kuning dan putih, kemudian oleskan merata di wajah. Biarkan hingga masker putih telur mongering. Setelah 30 menit bilas menggunakan air bersih.

Bawang Putih

Bumbu dapur ini memiliki kandungan sulfur dan anti-bakteri yang mampu mengatasi jerawat. Caranya iris-iris bawang putih 1 siung.

Kemudian tempelkan irisan bawang putih di area kulit yang berjerawat. Diamkan irisan tersebut di kulit sekitar 15 menit, selanjutnya bersihkan.

Air Lemon atau Air Jeruk Nipis

Mengandung asam askorbat, menjadikan air lemon sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami. Air lemon cukup ampuh untuk mengatasi jerawat membandel di kulit wajah.

Tak sekedar melawan jerawat yang meradang, air lemon juga bagus untuk meregenerasi kulit sehingga bekas jerawat yang berwarna kehitaman dapat menghilang dengan pemakaian rutin.

Air jeruk nipis memiliki manfaat yang sama dengan air jeruk lemon. Caranya peras buah lemon atau jeruk nipis, kemudian oleskan air lemon pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit selanjutnya bilas menggunakan air bersih.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami Dan Cepat

Madu

Sejak dulu madu sudah digunakan sebagai perawatan kulit alami. Madu memiliki kandungan anti-bakteri yang juga dapat mengatasi jerawat.

Madu dapat digunakan sebagai masker perawatan kulit setiap hari untuk mencegah jerawat dan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami.

Cuka Apel

Sebagaimana bahan alami anti-jerawat lainnya, cuka apel juga memiliki kandungan zat antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri jerawat. Penggunaan cuka apel secara rutin, efektif membasmi jerawat.

Caranya gunakan cotton bud untuk mengoleskan cuka apel pada bagian wajah berjerawat. Setelah itu biarkan selama 15-30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Spirulina

Spirulina merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami. Spirulina terbuat dari blue-green Alga (ganggang biru-hijau). Ganggang tersebut dikenal pula dengan sebutan cyanobacteria atau bakteri yang hidupnya dalam air serta dapat berfotosintesis.

Blue-green Alga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan, termasuk mengatasi jerawat. Spirulina mengandung beberapa senyawa bersifat antibakteri yang mampu melawan bakteri-bakteri jerawat.

Caranya larutkan bubuk spirulina dengan air mineral lalu oleskan pada seluruh wajah. Biarkan masker di wajah hingga mengering, kemudian basuh wajah hingga bersih.

Membasmi jerawat tak harus menempuh cara-cara mahal. Alam telah menyediakan berbagai bahan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Semua cara menghilangkan jerawat secara alami di atas, hasilnya tak bisa diperoleh secara instan.

Penggunaan rutin setiap hari sangat dianjurkan agar hasil dari penerapan cara menghilangkan jerawat secara alami ini lebih maksimal. Sekian pembahasan mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat semoga artikel yang dirangkum Tenesia mampu memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *