Cara Memotong Kuku Dengan Baik Dan Benar

Cara Memotong Kuku Dengan Baik Dan Benar Tenesia

Apakah Anda telah mengetahui cara memotong kuku dengan baik dan benar? Memotong kuku merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap bulannya. Memang memotong kuku terlihat sangat mudah, tetapi jika Anda tidak melakukannya dengan benar tentunya efek yang ditimbulkan juga tidak baik bagi kuku Anda.

Cara Memotong Kuku Dengan Baik Dan Benar Tenesia

Cara Memotong Kuku Dengan Baik Dan Benar

Memotong kuku sebaiknya segera dilakukan jika kuku sudah panjang. Namun kesalahan saat menggunting kuku dapat saja terjadi dan membuat jari kaki dan tangan akan mengalami cantengan, kuku tumbuh tidak simetris dan bahkan timbul infeksi jamur pada kuku.

Tidak ingin kan kuku Anda terinfeksi jamur dan menjadi cantengan? Untuk mengatasi hal seperti ini, maka di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar memotong kuku menjadi baik dan benar.

Memilih Gunting Kuku Tangan Dan Kaki

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih jenis gunting kuku. Sangat disarankan agar Anda memiliki 2 jenis gunting kuku, baik untuk memotong kuku jari tangan dan untuk memotong kuku jari kaki.

Alasan kenapa Anda harus memiliki dua jenis gunting kuku? Karena kuku jari tangan dengan kuku jari kaki memiliki tekstur yang berbeda.

Kuku jari tangan memiliki tekstur yang tidak terlalu tebal dan kecil dibanding kuku jari kaki mempunyai tekstur yang lebih besar dan tebal. Sehingga membutuhkan 2 jenis gunting kuku.

Untuk kuku kaki Anda dapat memilih gunting kuku berukuran besar agar memudahkan Anda saat memotongnya. Sedangkan untuk gunting kuku jari tangan Anda dapat menyesuaikannya dengan memilih gunting kuku berukuran sedang hingga kecil.

Alasan lain kenapa harus memiliki 2 gunting kuku yang berbeda untuk kuku kaki dan tangan adalah untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri dan jamur pada kuku kaki maupun kuku tangan.

Sebelum atau sesudah memotong kuku yang baik supaya terlihat indah, maka bersihkan gunting kuku dengan merendamnya di air hangat selama beberapa saat.

BACA JUGA :  Berbagai Macam Penyakit Mata Dan Cara Mengatasinya

Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk mematikan bakteri dan jamur yang kemungkinan saja menempel pada gunting kuku tersebut. Merendam gunting kuku di air hangat juga dapat membuat gunting kuku yang telah digunakan steril kembali.

Potong Kuku Tekstur Tipis Sebelum Mandi

Untuk Anda yang memiliki kuku tipis ada baiknya Anda memotong kuku sebelum mandi atau ketika kuku dalam kondisi kering. Hal ini dikarenakan kuku yang kering mempunyai tekstur yang lebih kuat dan keras.

Dengan begitu ketika dipotong, potensi untuk kuku menjadi sobek, terluka dan bengkok akan semakin kecil untuk terjadi. Lain halnya ketika Anda pemilik kuku tipis memotong kuku dalam keadaan basah atau sehabis mandi.

Tekstur kuku akan menjadi lebih lunak dan akan dapat mengakibatkan pemotongan kuku menjadi tidak simetris dan sobek memanjang pada lapisan atas kuku saat dipotong. Karena kuku tipis yang lunak lebih berisiko untuk menjadi lebih mudah sobek, bengkok, dan terluka saat dipotong.

Rendam Kuku Tekstur Tebal Dengan Air Hangat

Bila Anda memiliki kuku dengan tekstur yang sangat tebal, memotong kuku dalam keadaan basah tidak masalah untuk Anda lakukan.

Malah sangat disarankan bagi pemilik kuku tebal untuk merendam dahulu kuku kaki atau kuku tangan yang tebal dengan air hangat kurang lebih 10 menit.

Dengan merendam kuku dengan air hangat akan membuat kuku menjadi lebih lunak dan mudah dipotong. Setelah potong kuku jangan lupa bersihkan kembali gunting kuku dan tangan Anda.

Kuku Dipotong Dengan Arah Lurus

Apakah Anda selama ini memotong kuku mengikuti alur kuku secara oval? Memang memotong kuku dengan mengikuti alur kuku mampu membuat kuku terlihat rapi dan lentik. Padahal hal seperti ini harus dihindari.

Karena jika Anda memotong kuku dengan terlalu pendek dapat membuat area sekitar kuku menjadi cantengan dan mudah terluka. Sebaiknya Anda memotong kuku dengan arah lurus, dalam artian ujung kuku menjadi terlihat persegi.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Dan Permanen

Tujuan mengapa Anda harus memotong kuku secara lurus adalah untuk menghindari sisi dari ujung kuku agar tidak terpotong terlalu dalam. Karena hal ini bisa saja menyebabkan cantengan dan luka.

Jika Anda selama ini memotong kuku dengan mengikuti lengkungan jari, maka sebaiknya ubahlah kebiasaan ini jika tidak ingin merasakan cantengan dan luka.

Jangan Memotong Kuku Terlalu Pendek

Ternyata memotong kuku yang terlalu pendek juga merupakan salah satu cara yang salah. Bahkan hal seperti ini akan membuat kuku cantengan hingga kuku terinfeksi jamur.

Nantinya kuku yang terlalu pendek akan berpotensi tumbuh di dalam kulit. Dan yang paling penting adalah jangan potong habis kuku Anda.

Namun sisakan 1 hingga 2 milimeter bagian kuku berwarna putih agar dapat terhindar dari cantengan maupun infeksi jamur kuku.

Gunakan Kikir Kuku Di Akhir

Setelah selesai memotong kuku, maka langkah selanjutnya adalah menghaluskan area kuku yang masih terasa tajam dengan cara dikikir yang umumnya tersedia di gunting kuku.

Atau pergunakan kikir kuku yang dapat dibeli bersamaan dengan gunting kuku. Ada sebagian orang yang sudah selesai menggunting kuku, ternyata mengabaikan bahkan lupa melakukan proses yang terakhir ini.

Sudah seharusnya Anda mengikir kuku jika ingin menerapkan bagaimana cara memotong kuku yang baik supaya terlihat indah. Hal ini dilakukan untuk menghaluskan kuku setelah dipotong.

Dengan begitu tidak akan merobek kulit ketika kuku mulai tumbuh kembali. Selain itu mengikir kuku juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Pastikan jika Anda mengikirnya dari ujung kuku ke ujung kuku lainnya dengan cara digerakkan satu arah dengan perlahan. Jangan pernah mengikir kuku dengan gerakan penuh tekanan dan bolak balik.

Karena jika Anda mengikir kuku terlalu keras akan membuat membuat kuku menjadi tipis, dan dapat menyebabkan kuku terkelupas. Bila terlalu tipis mengikir kuku, maka kekuatan area kuku menjadi berkurang dan kuku menjadi mudah patah.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Memotong Kuku Yang Terkena Infeksi Jamur Kuku

Memang memotong kuku yang baik supaya terlihat indah sangat penting untuk Anda lakukan. Namun untuk Anda yang sudah terlanjur kukunya mengalami infeksi jamur kuku, maka di bawah ini adalah cara memotong kuku yang benar supaya tidak memperparah infeksi.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan merendam kuku ke dalam air hangat selama 10 hingga 30 menit. Hal ini dilakukan untuk membuat kuku menjadi lunak dan mudah saat dipotong.
  • Gunakanlah gunting kuku tersendiri untuk kuku yang terkena infeksi jamur dan guntinglah kuku seperti cara diatas.
  • Setelah itu bersihkan gunting kuku dengan menggunakan cairan alkohol sebelum Anda gunakan kembali nanti. Tujuannya adalah untuk mencegah infeksi menjadi semakin parah.

Anda juga dapat menggunakan vitamin kuku setelah memotong kuku telah selesai dilakukan. Hal ini dapat membantu Anda membuat kuku tetap sehat dan cantik alami.

Memotong Kuku Yang Disunahkan

Dalam Islam, memotong kuku juga telah disunahkan untuk dilakukan setiap hari Jumat. Kesunahan memotong kuku juga berlaku bagi pria dan wanita, untuk kuku tangan maupun kuku kaki.

Pada kitab Syarh Muslim disunahkan untuk memotong kuku dimulai dari jari telunjuk kanan lanjut hingga ke jari kelingking dan lanjut ke jempol. Untuk jari tangan kiri dimulai dari kelingking hingga jempol.

Kemudian lanjut dari kaki kanan yaitu memotong kuku kelingking hingga jempol. Selanjutnya kuku kaki kiri dimulai dari jempol hingga kelingking.

Pastikan untuk selalu merawat kuku Anda dengan membersihkan dan memotong kuku. Demikianlah berbagai pembahasan mengenai cara memotong kuku yang baik dan benar supaya kuku Anda tetap indah dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *