Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang Secara Alami

Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang Secara Alami Tenesia

Berikut tips cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami yang perlu Anda ketahui. Rambut kering dan mengembang sering menjadi mimpi buruk bagi sebagian wanita. Belum lagi permasalahan rambut kering yang sulit diatur bisa mengurangi rasa percaya diri.

Rambut kering dan mengembang sangat perlu untuk diatasi sebelum mengganggu keseharian Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami berikut ini.

Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang Secara Alami Tenesia

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Apabila Anda sering melakukan aktivitas yang mengakibatkan rambut kering, mengembang dan sulit diatur kini saatnya untuk mengembalikan kesehatan rambut. Anda bisa melakukannya dengan cara merawat rambut kering secara alami dan sehat berikut ini.

Minyak Kelapa dan Minyak Chamomile

Minyak chamomile dan minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut kering dan melembutkan rambut. Kedua minyak tersebut juga bisa membuat rambut tampak lebih berkilau.

Sementara itu minyak chamomile memiliki efek menenangkan permukaan kulit kepala Anda. Selain membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur, ternyata Minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi rambut seperti;

  1. Membantu menumbuhkan rambut lebih panjang
  2. Memberikan perlindungan untuk rambut dari matahari
  3. Membantu mencegah rambut rontok
  4. Mencegah tumbuhnya kutu rambut
  5. mencegah timbulnya ketombe

Langkah perawatan menggunakan minyak kelapa bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak di permukaan rambut hingga merata. Kemudian tutup kepala menggunakan shower cap atau handuk. Biarkan selama 30 menit kemudian cuci rambut sampai bersih.

Minyak Zaitun

Perawatan rambut kering secara alami juga bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dipercaya mampu memperkuat rambut hingga ke batang rambut, menjaga melembabkan dan melembutkan rambut.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung berbagai vitamin (Vitamin E, K dan Asam Lemak) yang baik untuk kulit kepala dan rambut.

Cara menggunakannya yaitu dengan memanaskan secangkir kecil minyak zaitun dalam air hangat atau Anda dapat menghangatkannya dengan menggunakan Microwave.

Kemudian aplikasikan ke rambut (Akar hingga ujung rambut) hingga merata. Tutup rambut dengan handuk selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

Saran dari Tim Tenesia belilah minyak zaitun murni dan bukan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan minyak zaitun. Hal ini karena tingkat minyak zaitun pada produk – produk tersebut tidak dapat membuat vitamin pada minyak zaitun dapat menembus rambut.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda

Manfaat lainnya yang timbul jika menggunakan minyak zaitun pada rambut seperti;

  1. Menghilangkan kutu rambut
  2. Mempercepat pertumbuhan rambut
  3. Mengatasi rambut bercabang
  4. Mengatasi rambut singa
  5. Mengatasi ketombe
  6. Menghaluskan rambut

Minyak zaitun juga mampu menghaluskan kutikula luar rambut sehingga rambut terlihat lebih bersinar. Untuk hasil yang maksimal terhadap rambut, maka Anda dapat mengaplikasikan minyak zaitun 1 sampai 2 kali seminggu dalam kurun waktu beberapa bulan.

Minyak Jojoba

Cara merawat rambut kering secara alami selanjutnya yakni dengan memanfaatkan minyak jojoba. Minyak jojoba mampu merangsang kulit kepala, menambah nutrisi dan melembabkan rambut.

Kandungan minyak jojoba yang baik untuk rambut seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, tembaga copper dan zink. Kelima kandungan tersebut mampu membuat rambut menjadi lebih sehat.

Minyak Jojoba Merawat Rambut Kering Dan Mengembang

Anda bisa mengaplikasikan minyak jojoba ini dengan cara yang sama seperti penggunaan minyak zaitun. Kemudian usapkan minyak jojoba dari akar hingga ujung rambut sampai merata.

Tutup rambut dengan handuk dan diamkan selama 20 hingga 30 menit agar vitamin pada minyak jojoba dapat meresap hingga ke rambut. Selanjutnya bilas rambut hingga bersih dengan sampo.

Selain dapat membantu Anda merawat rambut kering, minyak jojoba juga dapat mengatasi kulit kepala kering, ketombe dan kulit kepala gatal.

Melindungi Rambut

Langkah perawatan rambut kering selanjutnya yakni dengan melindungi rambut dari paparan sinar matahari terlalu lama.

Apabila Anda sering beraktivitas di luar ruangan atau tinggal di kawasan beriklim kering, lindungi rambut dengan mengenakan topi ketika pergi keluar ruangan.

Apabila ingin berenang di kolam renang atau laut, upayakan untuk mengenakan penutup kepala agar rambut tak terkena air garam maupun klorin secara langsung.

Gunakan Shampo Sesuai Jenis Rambut

Jika ingin keramas pilihlah shampoo sesuai dengan jenis rambut. Untuk rambut kering gunakan sampo berbahan ringan dan mengandung sedikit deterjen (Sulfat) khusus untuk rambut kering dan mengembang.

Hindari pula memilih shampo yang mengandung alkohol karena bahan tersebut bisa mengakibatkan rambut jadi lebih kering. Apabila ingin keramas sebaiknya gunakan air dingin atau air bersuhu kamar, bukan air panas atau hangat.

Karena efek menggunakan air panas saat keramas yaitu bisa mengurangi minyak alami di rambut. Akibatnya rambut bisa mengembang dan menjadi kering.

BACA JUGA :  Penyebab Rambut Rontok Parah Yang Perlu Diwaspadai

Sebaiknya untuk Anda yang memiliki kulit kepala sensitif dapat menggunakan Baby Shampoo Natural yang mengandung Aloe Vera, Kemiri dan Seledri.

Karena ketiga bahan tersebut mampu membantu merawat rambut menjadi hitam dan tebal. Aloe Vera (Lidah Buaya) memiliki manfaat untuk melindungi kulit kepala dari kekeringan dan membuat rambut cepat panjang.

Hindari pula untuk terlalu sering mencuci rambut Anda. Cukup mencuci rambut 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu, karena terlalu sering cuci rambut juga tidak dianjurkan.

Setelah mencuci rambut jangan lupa aplikasikan kondisioner demi menjaga kutikula rambut dan kandungan minyak alami rambut. Sebagai perawatan tambahan gunakan masker rambut sekali seminggu untuk melembutkan rambut.

Konsumsi Makanan Sehat

Ternyata dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi juga dapat membantu Anda untuk merawat rambut kering dan menjaga kesehatan rambut.

Contoh makanan yang bagus untuk rambut di antaranya seperti ikan salmon untuk membuat rambut tampak lebih bercahaya, karena ikan salmon mengandung banyak nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut serta menjaga kesehatan kulit kepala.

Nutrisi yang terkandung pada ikan salmon seperti asam lemak omega-3, protein dan vitamin D. Untuk buah -buahan, jambu biji dapat menjadi pilihan tepat untuk mengurangi kerusakan rambut.

Kandungan vitamin pada sayur bayam seperti vitamin C, E, B, zat besi, kalsium, magnesium serta asam lemak omega-3 juga dapat membantu untuk menguatkan rambut dan menjaga rambut tetap sehat.

Anda juga dapat mengkonsumsi kacang dan biji-bijian seperti biji rami dan walnut yang mengandung berbagai kandungan vitamin yang baik bagi rambut.

Kandungan seperti omega-3, omega-6 dan antioksidan pada biji-bijian mampu membantu menghentikan kerontokan rambut secara perlahan serta membuat rambut menjadi lebih tebal.

Wortel selain baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga mampu menjadi salah satu sayuran sehat bagi rambut Anda. Vitamin A yang tinggi pada wortel mampu membantu meningkatkan kesehatan folikel di kulit kepala dan rambut.

Vitamin lainnya seperti vitamin C, K, B1, B6, B2, B3, kalium, serat dan fosfor dapat membuat rambut menjadi tumbuh sehat secara alami.

Ternyata dengan mengkonsumsi telur, Anda juga telah membantu rambut mendapatkan nutrisi yang baik seperti protein dan biotin. Protein memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan folikel pada rambut.

Biotin juga penting untuk meningkatkan produksi keratin (Protein Rambut) yang membantu pertumbuhan rambut. Kedua nutrisi ini juga dapat menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan.

BACA JUGA :  Cara Memotong Kuku Dengan Baik Dan Benar

Anda juga dapat meminum suplemen yang mengandung vitamin dan nutrisi yang bagus untuk rambut maupun kulit Anda. Ayo mulai dari sekarang untuk lebih mengkonsumsi makanan sehat.

Hindari Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

Salah satu kebiasaan yang bisa merusak rambut adalah menyisir rambut ketika masih basah. Hentikan kebiasaan ini karena rambut yang masih basah berada dalam kondisi yang rapuh sehingga mudah rusak.

Sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya. Hindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, cukup diangin-anginkan atau dengan menepuk rambut secara perlahan dengan handuk.

Memotong Rambut Secara Rutin

Kebiasaan sederhana seperti memotong rambut secara rutin ternyata termasuk cara merawat rambut kering yang ampuh. Bagian ujung rambut menjadi bagian yang rawan bagi pemilik rambut kering dan mengembang.

Dengan memotong rambut secara rutin setidaknya 3 bulan sekali akan membuat pertumbuhan rambut lebih sehat dan mengurangi masalah rambut mengembang, kering dan bercabang.

Penyebab Rambut Kering, Mengembang Dan Sulit Diatur

Rambut kering bisa disebabkan karena kulit kepala tak mampu menghasilkan minyak kepala yang memadai untuk melembabkan kulit kepala dan rambut. Produksi minyak kepala yang semakin berkurang akan terjadi secara alami seiring bertambahnya usia.

Akibatnya rambut kehilangan kelembabannya dan kulit kepala pun menjadi lebih kering. Merawat rambut kering secara alami umumnya tidak mengurangi kadar minyak alami di rambut sehingga rambut akan tetap terjaga kelembabannya.

Selain faktor usia, ternyata rambut kering juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti berikut ini;

  • Terlalu sering keramas dan menggunakan sampo berbahan kimia keras (Mengandung Sulfat, Paraben, Formalin, Isopropil Alkohol, Propilen Glikol, Parfum)
  • Sering menggunakan pelurus atau pengeriting rambut (Catokan) secara permanen
  • Sering mengeringkan rambut dengan Hair Dryer
  • Rambut sering terpapar sinar matahari dan udara kering secara langsung
  • Melakukan perawatan rambut yang melibatkan bahan kimia seperti melakukan pewarnaan rambut

Hal inilah yang membuat minyak alami rambut makin berkurang. Akhirnya rambut pun mengering, mengembang dan sulit untuk diatur. Mulailah untuk tidak terlalu sering melakukan berbagai hal yang disebutkan di atas. Sekian pembahasan mengenai cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *